Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 24 November 2011

Learning English Independently, but how ???



      Bahasa inggris memang bahasa yang sangat penting saat ini. Bayangkan, fasilitas umum saja sudah banyak yang menggunakan bahasa inggris. Sebagai anak SMA yang kreatif, seharusnya dari sekarang kita mulai belajar bagaimana cara supaya kita dapat mendengarkan, mengerti dan berbicara mengguakan bahasa inggris.






Bagi teman-teman yang ingin belajar, ini dia ada beberapa tips dan trik konyol, tapi manjur demi meraih tujuan yang hebat yaitu menguasai bahasa inggris. Tidak usah pakai buku formal dulu. Sebab, menurut penelitian pribadi, belajar bahasa inggris menggunakan buku panduan itu malah membuat otak cepat lelah dan mata menjadi berat (pengalaman khusus pribadi).


Nah, ada satu siasat agar belajar bahasa inggris menjadi (agak) menyenangkan. Yaitu menggunakan metode film dan lagu.

1.   METODE FILM


Bahan yang digunakan : File Film baik CD, atau di flashdisk, atau nyewa, atau beli bajakan (jangan), minjem ke temen, tetangga dan cara pinjem lainnya. Kemudian kertas, pulpen, indera pengelihatan dan pndengaran.


Pertama, Kita harus tau dulu, jenis film apa yang mendukung aktifitas ini. Film yang dipilih tentu saja harus film berbahasa inggris dan yang kita sukai. Selain itu, perhatikanlah! Banyak sekali logat bahasa inggris yang berbeda yang muncul pada berbagai jenis film yang berbeda pula. Misalnya logat inggrisnya inggris atau inggrisnya amerika (tidak terlalu berpengaruh).
Kedua, film yang mengandung banyak percakapan (percuma saja kalau kita memilih film bisu).
Setelah itu, tonton film itu berulang-ulang (pilih waktu yang tepat agar tugas sekolah tidak tergeletak merana)
Dengarkan baik-baik apa yang dikatakan oleh para pemain yang ada di film. Tuliskan kata-katanya (tidak usah semua). Jika ada kata yang kurang dimengerti, lihat saja terjemahan di monitor kamu, kemudian, lihat bahasa inggrisnya di kamus.
Agar kita terbiasa dan bisa berbicara bahasa inggris, ucapkanlah kata-kata yang ada di film (kata-kata yang baik saja yaa !!). kata apa saja yang kamu hafal.
Nah, setidaknya, setelah kamu tau, kamu bisa “mencontek” kata-kata tersebut yang sekiranya dapat digunakan dalam percakapan yang kamu lakukan setiap hari.
Setelah bosan dengan satu film, ganti film saja.

WARNING : Dahulukan tugas-tugas dari orang tua dan sekolah!!!!

2.   METODE LAGU

Bahan : File lagu.
Sebenarnya, sama saja dengan metode film, intinya, mendengarkan dan mencoba mengucapkan.
Tapi kalau di metode ini, saya lebih menekankan pada pengucapan kata-kata. Ya, meskipun dalam lagu biasanya sering terdapat pengucapan yang “lebay”, contohnya saja pada lagu-lagu kita, missal : cinta menjadi CINCA, kamu menjadi KAMUH, begitu menjadi BEGICU dan lain sebagainya. Dalam lagu berbahasa inggris pun tak jarang ada pengucapan yang seperti demikian.
Nah, teman-teman pasti mempunyai penyanyi luar negeri favorit, kan?
Pilih penyanyi yang menyanyikan lagu berbahasa Inggris. Setelah itu, cobalah kita nyanyikan dengan “logat” mereka.
Saya sarankan pula untuk memilih lagu dengan tempo cepat dan kata-kata yang banyaaaaaaaaaaaaaakkkk … jadi lidah kita tidak kaku lagi dalam mengucapkan bahasa Inggris.
Setelah itu, tentu saja, terjemahkanlah setiap lagu yang kita nyanyikan.
Setidaknya “metode” ini membantu menambah kosa kata dan bisa membantu kita dalam hal pengucapan kata-kata tersebut.

Well, dua metode konyol tersebut bisa dipraktekan di rumah. Tetapi INGAT !!!!
DAHULUKAN TUGAS DARI ORANG TUA DAN SEKOLAH !!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar