Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 13 Desember 2011

Semua Tentang Tidur

          Hai Guys, mau nanya nih, kalian pasti tau dong apa itu tidur? Tau dong, orang setiap ada waktu senggang di sekolah kalian suka nyempet-nyempetin buat tidur, apalagi kalo kita lagi ngantuk banget, pasti nyari spot yang enak buat tidur. Ada juga tuh yang tidur pas KBM berlangsung. Ada yang ditutupin pake buku, ada yang sambil nunduk pura-pura baca padahal aslinya merem, ada juga yang dengan polosnya tidur di atas meja.

          Nah, disini saya bakal kasih info buat kalian tentang tidur. Hal pertama yang harus kita tau adalah tidur merupakan keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang. Loh kenapa manusia gak disebutin? Mmm, kalo dalam biologi kita itu termasuk ke dalam kingdom animalia dan termasuk ke dalam mamalia yang merupakan binatang yang menyusui. Gimana? Sekarang udah ngerti? Oke kita lanjut.

          Tidur itu sangat penting untuk manusia dan  merupakan kebutuhan utama untuk menjaga kestabilan kesehatan seseorang. Kekurangan dan kelebihan tidur dapat mempengaruhi kestabilan kesehatan kita. Jadi, kita harus mengatur jadwal tidur kita supaya gak kelebihan atau pun kekurangan. Nah, kalian tau gak sih, sebenarnya kita itu harus tidur berapa lama dalam sehari? Kalo kalian gak tau, yuk kita simak yang satu ini, supaya kesehatan kita tetap stabil!
Bayi-bayi yang baru lahir, sangat dianjurkan untuk tidur dalam waktu yang cukup lama perharinya, yaitu 15-18 jam perhari. Kemudian saat menginjak usia satu tahun, bayi tersebut dianjurkan untuk tidur selama 13 jam perhari.
Batita & Balita (Bayi di bawah usia tiga tahun & Bayi di bawah usia lima tahun) Kalau batita itu, dianjurkan untuk tidur selama 12 jam perharinya. Mereka dianjurkan untuk mulai membentuk pola tidur yang baik, meskipun biasanya mereka hanya tidur selama ± 10-11 jam. Sedangkan Balita dianjurkan untuk tidur selama 10 jam.

          Anak-anak usia 6-12 tahun Mereka dianjurkan untuk tidur selama ± 9 jam perhari. Semakin besar, biasanya waktu tidur mereka semakin larut dan larut. Saat bayi, mereka dianjurkan tidur siang selama 2-8 jam dan tidur malam selam 8-10 jam. Namun dijenjang usia ini lamanya tidur mereka mulai berkurang, karena mereka sudah mulai memiliki aktivitas yang lumayan menyita waktu.
Anak usia 12-18 tahun Di usia ini, anak-anak mulai memiliki aktivitas yang padat sehingga waktu tidur mereka berkurang. Jumlah waktu tidur yang baik saat usia ini berkisar 8-9 jam.
Usia ≥18 tahun Di usia ini, aktivitas kita semakin padat. Kuliah, kerja, mengerjakan tugas dan hal lainnya bias sampai larut malam. Meskipun begitu, kita harus tetap menjaga kesehatan kita dengan tidur. Nah, untuk usia ≤18 tahun, dianjurkan untuk tidur selama 6-8 jam perharinya.
Kalian udah tahu kan lamanya waktu tidur yang baik itu berapa lama? Ada lagi nih, hal-hal yang harus dihindari sebelum tidur. Mau tau? Yuk lanjut baca! Sebelum tidur kita dilarang melakukan hal-hal berikut ini:
Makan makanan ringan atau pun berat. Kenapa? Soalnya tubuh kita belum beristirahat karena masih melakukan pencernaan. Jadi tidur kita itu, tidak benar-benar tidur. Selain itu, bisa menimbun kalori juga yang membuat kita gendut. Bermain komputer, atau menelpon atau pun melakukan kegiatan berat lainnya yang menguras otak (pikiran dan mental). Biasanya kita akan sulit untuk tidur, karena otak kita dalam keadaan ‘panas’. Alangkah lebih baiknya, kita mengistirahatkan dulu otak kita selama ± ½ jam, setelah itu barulah kita tidur. Menonton tv bukannya mempercepat rasa kantuk, tapi malah menguras otak untuk berpikir. Sama seperti bermain komputer dan menelpon, kita perlu ‘mendinginkan otak terlebih dahulu sebelum tidur. Dan masih banyak lagi hal-hal yang gak boleh dilakukan sebelum tidur.

          Well, gimana guys? Udah puas belum sama infonya? Kalo belum puas, masih ada beberapa tips supaya tidur kalian lebih berkualitas dan nyenyak.
Cuci muka dan kaki, lalu gosok gigi. Biasakan buang air kecil sebelum tidur, supaya kita tidak terbangun di tengah malam. Minum air putih sebelum tidur. Sebisa mungkin kita mengatur kondisi dan situasi sekitar kita senyaman mungkin supaya tidak mengganggu tidur kita. Biasakan lampu kamar dalam keadaan padam saat kita tidur karena akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Biasanya kita akan tidur nyenyak dan tidak akan terbangun jika lampu kamar dipadamkan. Jangan lupa berdo’a sebelum tidur, supaya saat tidur kita dilindungi oleh Tuhan dan terhindar dari mimpi buruk! Nah, sekarang pasti udah puas dong sama infonya? O iya, masih ada lagi nih guys. Jangan mendengarkan musik sambil tidur karena sebenarnya saat kita tidur dan mendengarkan musik, otak kita bukannya beristirahat tapi malah tetap bekerja sehingga dapat memicu stres akut jika dilakukan secara terus menerus. Sama halnya jika kita tidur namun tv dibiarkan menyala, otak akan terus bekerja dan menyaring informasi dari tv melalui telinga. Jadi sebaiknya, matikanlah tv sebelum tidur, jangan dibiarkan menyala!

          Oke guys, sekian info  dari saya. Semoga bisa bermanfaat buat kalian semua ya! See ya next time! :D


1 komentar:

KAPAK Comunity mengatakan...

nice posts gan i like it

Posting Komentar