Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 15 November 2011

KENAPA HARUS PUSING DENGAN MATEMATIKA?

Coba deh tanya sama teman kamu mengenai Matematika? Apa respon dari mereka?

Mungkin kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit. Wah, kenapa nih? Memang sih, kebanyakan dari pelajaran yang berhubungan dengan hitung menghitung membuat para pelajar menjadi pusing. Hal tersebut dibuktikan dengan pernyataan 6 orang siswa dari 10 orang siswa yang ditanyai mengenai Matematika yang menyatakan bahwa pelajaran Matematika itu membuat mereka pusing dan bingung. Kebanyakan dari mereka tidak suka dengan hitung menghitung, dalam pelajarannya terdapat bab-bab yang sulit dipelajari seperti Trigonometri, Integral,dan lain-lain. Yang paling jelas para siswa sulit memahami materi pelajaran yang diberikan oleh para guru.
Siswa lain berpendapat bahwa mengerti tidaknya suatu pelajaran, pelajaran hitung menghitung atau yang lainnya tergantung pada pengajar (guru). Salah satu dari 10 orang siswa tersebut berpendapat bahwa Matematika itu bukan sulit tapi menantang.
Jika dipikir ulang memang benar jika Matematika dianggap tantangan oleh para siswa mungkin akan ada banyak siswa yang berusaha untuk mengerti terhadap semua materi yang diberikan oleh para guru.
Aplikasi dari Matematika memang tidak dirasakan langsung oleh kita. Namun, manfaatnya akan terasa jika kita dihadapkan oleh suatu permasalahan yang membutuhkan suatu perhitungan, pertimbangan dan pengambilan keputusan yang akurat. Dalam menghadapi hal seperti ini kita diibaratkan sedang mengerjakan sebuah soal Matematika yang lumayan rumit. Rasa puas yang didapatkan ketika menyelesaikan sebuah masalah akan dirasakan sama ketika kita telah menyelesaikan sebuah soal Matematika. Benar, kan?
Walaupun banyak siswa yang tidak suka dengan pelajaran ini tapi pasti ada sedikit keinginan dan usaha untuk menyukai pelajaran ini. Jika kalian ingin tahu tips agar menjadikan pelajaran Matematika suatu peljaran yang menyenangkan. Berikut ini adalah tipsnya.

  • ·         Buatlah suatu pemikiran bahwa Matematika bukanlah yang susah tapi “seni memecahkan masalah
  • ·         Sukailah guru yang mengajar di kelas. Tanyakan materi yang kurang dimengerti kepadanya atau kepada teman yang sekiranya bisa memberikn penjelasan.
  • ·         Pastikan kondisi badan fit, tidak ngantuk, capek, maupun sakit.
  • ·         Buat suasana tempat belajar menyenangkan.
  • ·         Selalu berkosentrasi saat belajar, jangan bergurau dengan teman.
  • ·         Jangan lupa berdo’a sebelum belajar.
Semoga dengan tips tersebut kalian bisa menyenangi pelajaran Matematika.
Selamat berjuang…!!!!!! Semoga berhasil…..!!!!!


2 komentar:

hippo's blog mengatakan...

aduh..mw coba deh tipsnya moga berhasil..

rafa mengatakan...

oke thanks
tips nya sangat bagus
i like it

Posting Komentar