Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 16 November 2011

BINGUNG MAU KULIAH KEMANA?


Buat tingkat tiga tahun ini adalah tahun yang paling mendebarkan, pasalnya tahun ini sarat dengan ujian, baik itu ujian sekolah, UN,sampai puncaknya yaitu SNMPTN. banyak dari siswa tingkat tiga merasa kurang percaya diri untuk menghadapi ujian tersebut, hal ini karena belum siapnya mental untuk menghadapi ujian yang paling menentukan tersbut, sebetulnya jika kita lihat dari segi positifnya kita bisa menjadikan ujian tersebut sebagai tolak ukur untuk mengetahui sampai dimana kemampuan kita, sehingga kita lebih termotivasi lagi untuk belajar dengan tekun.
Tentunya untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, kita terlebih dahulu harus mengetahui bakat dan potensi kita, agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan fakultas dan jurusan yang kita ambil.
lalu pertanyaannya, bagaimana cara kita untuk mengetahui bakat dan potensi kita?
disini ada beberpa cara untuk mngetahui potensi diri kita dan mempersiapkan diri kita untuk menghadapi SNAMPTN.

* Mengelompokan antara Hobi dan kegiatan berpotensi

nah... disini, kita harus tau sebenarnya bakat sama kemampuan kita dimana, ,, apalagi yang mau lewat SNMPTN undangan kan harus matang-matang tuh nantuin jurusan apa kita mau ngelanjutin,, gimana caranya biar kita punya persiapan dalam hal kemampuan?.. kita harus bisa mengelompokan antara hobi dan kegiatan yang memiliki potensi dan peluang di masa depan, artinya kita tau enggak semua hobi itu memiliki prospek yang baik buat ke depannya, kita harus bisa membedakan hobby yang berpeluang pada karir di masa depan dengan hobi yang cuma sekedar seneng-seneng aja,, contohnya gini " si A punya hobi ngumpulin prangko tuh sampe-sampe dinding kamarnya dia permak habis-habisan pake perangko disana-sini, bahkan rela gak jajan cuma buat memenuhi kesenangannya ngumpulin perangko, sedangkan si B punya hobby masak, akhirnya dia rela bangun pagi-pagi cuma buat masak masakan yang nantinya ia jual ke sokolah dan warung" nah dari contoh hobi si A itu kita tau kan manfaatnya hanya sebagai pemuas kita, bukan kebutuhan kita kedepannya..beda sama hobi si B, jelas bedaaa banget ma si A, si B bisa memupuk hobby nya itu buat karir di masa depan, salah satu jalannya masuk jurusan tata boga,, kan nantinya bisa jadi master chef.. insya alloh..

* Menghargai waktu

menghargai waktu,, kunci keberhasilan,, pernah gak temen-temen denger pepatah,, waktu itu seperti pedang, jika kita tak bisa memanfaatkannya dengan baik maka kita akan ditebas oleh waktu itu,, jadi kesimpulannya kita gak boleh buang-buang waktu kita buat melakukan pekerjaan atau kegiatan yang kurang kerasa manfaatnya,, ada baiknya waktu luang itu kita gunakan buat cari info universitas, dan yang paling baiknya itu terus mengasah kemampuan diri dan berlatih.

* Memperbanyak latihan dan mengasah kemampuan diri

Langkah berikutnya,,, kalo kita uda keukeuh sama jurusan yang kita ambil,, sekaligus universitasnya... kita tinggal pakai cara pelengkapnya yang penting,, yaitu,, berlatih dan terus berlatih mengerjakan soal-soal SNMPTN yang kita punya,, artinya kita harus punya pegangan soal-soal SNMPTN tahun sebelumnya sehingga kita bisa memperkirakan soal-soalseperti apa yang biasanya muncul di SNMPTN tulis,, buat teman-teman yang mau masuk PTN leawat jalur SNMPTN tulis,, harus mempunyai persiapan yang matang di bidang -bidang materi,.. misalnya lebih memperdalam kemampuan IPA atau kemampuan IPS nya. kunci dari langkah ke 3 ini adalah ULET dan RAJIN.

* Mendekatkan diri pada sang pencipta

Nah... jika langkah sebelumnya sudah kita lakukan tinggal langkah terakhir yang kita harus lakukan yaitu, senantiasa mendekatkan diri pada sang pencipta, dengan bertawakal dan bersabar insya alloh Tuhan akan mengabulkan semua permohonan kita,,apapun itu, jika Tuhan sudah berkehendak maka sesuatu yang tak kita sangka bisa terjadi... dan karena itu.. peluang kita masuk PTN itu bukan gak mungkin atau kecil kemungkinannya tapi.. besar kecilnya peluang itu ditentukan oleh diri kota sendiri... betull???

so... tetap berusaha dan jangan pernah menyerah...
bakat, potensi lain sebagainya adalah salah satu jalan dari sekian jalan kita untuk menempuh karir di masa depan, ada banyak cara untuk menempuh kesuksesan , dan terkadang kita tidak menyadari jalan yang terbuka lebar untuk meraih kesuksesan,jadi lihatlah sekitar kita,, dan kenalilah diri kita sebenarnya,
Tugas kita bukanlah melihat yang samar-samar dikejauhan, tetapi mengerjakan yang sudah ada didepan mata....:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar