Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 07 Desember 2011

Kesulitan Belajar





Aktivitas belajar bagi setiap individu tidak selamanya dapat berlangsung secara lancar.  Anak didik atau siswa kadang tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, itulah yang disebut dengan kesulitan belajar.

1. Macam Kesulitan Belajar
          a). Dilihat dari jenis kesulitannya
Hal ini tergantung dengan bobot materi pelajaran yang dipelajari oleh siswa.  Kesulitan ini digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:
● Ada yang berat
● Ada yang sedang
         
b). Dilihat dari Faktor Penyebabnya
● Faktor intelegensi
Kesulitan belajar ini didasarkan pada kemampuan individu.  Dimana setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda satu dengan lainnya.
● Faktor non intelegensi


2. Faktor Penyebab Kesulitan Belajar
a). Faktor Intern
Faktor intern yaitu faktor yang timbul dari setiap individu siswa. Faktor ini meliputi dari berbagai aspek dalam kepribadian siswa itu sendiri, yaitu :
●Keadaan kesehatan
●Intelegensi
●Bakat
●Minat
●Motivasi
●Mental
●Tipe khusus seoran pelajar ( Visual, Motorik, dan Auditif)
b). Faktor Ekstern
Faktor Ekstern adalah faktor yang timbul bukan dari dalam individu siswa, tetapi timbul dari lingkungan sekitar.  Faktor ekstern meliputi :
● Faktor keluarga
● Faktor guru
● Faktor alat dan sarana
● Faktor kurikulum
● Faktor teman pergaulan dll.

  
3.    Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar
● Belajar kelompok
Belajar kelompok merupakan salah satu cara untuk mengatasi kesulitan belajar.  Dengan belajar bersama kita dapat menyelesaikan permasalan bersama dan mengetahui kesalahan yang kita lakukan dalam menyelesaikan soal.

● Sharing dengan teman
Kita dapat membahas dimana kesulitan yang kita alami.  Dengan sharing kita dapat mengetahui hal serupa yang dialami oleh teman kita.

● Meningkatkan motivasi
Motivasi merupakan salah satu hal yang mempengaruhi dalam usaha kita untuk mengatasi kesulitan belajar.  Kita dapat melewati kesulitan dengan mudah apabila kita memiliki motivasi untuk terus maju dan belajar dalam melewati berbagai rintangan dalam proses pembelajaran.

● Mengikuti les tambahan
Apabila kita merasa jenuh atau mengalami kesulitan ketika mengikuti proses pembelajaran di sekolah kita dapat mencari alternative lain untuk menyelesaikan permasalahan dalam proses belajar.  Dengan mengikuti les tambahan kita dapat belajar lebih banyak untuk memahami materi yang dipelajari.

          Sekian artikel tentang kesulitan belajar ini, semoga bermanfaat untuk semua teman-teman.  Teruslah belajar, berlatih, mencoba dan bekerja keras untuk meraih kesuksesan dimasa yang akan datang.



1 komentar:

Media Share Online yOuSHiE mengatakan...

Sama seperti saya gan agak sulit belajar

Posting Komentar